MEMILIH
LOKASI DAN FASILITAS USAHA
A. Cara
Memilih Tempat Lokasi Usaha Yang Menguntungkan
Kombinasi dari strategi
produk, harga, promosi, dan distribusi dalam mencapai tujuan pemasaran
dinamakan “Marketing Mix” yang dikenal dengan strategi 4P (Product, Price,
Promotion, and Placement) dalam pemasaran merupakan alat bagi produsen untuk
mempengaruhi konsumen.
Kalau kata para pakar
marketing, place atau lokasi usaha adalah salah satu elemen penting dalam 4P.
Disini pemakalah mengutip dari internet bagaimana caranya agar kita bisa
memilih place dalam 4P dengan tepat.
1. Langkah pertama,
begitu anda sudah ketemu lokasi usahanya, tulis alamatnya dengan lengkap supaya
anda tidak lupa jika di kemudian hari anda mengecek ulang lokasi bisnis
tersebut.
2. Setelah itu, catat
nama, alamat, no telepon makelar, contact person atau apapun yang bisa anda
hubungi dengan segera.
3. Tanyakan berapa
biaya per meter persegi atau tanyakan berapa biaya lokasinya, entah anda mau
sewa atau mau beli.
4. Cari tahu sejarah
lokasi usaha tersebut. Contohnya jika anda akan menyewa kolam ikan, tanyakan 3
tahun yang lalu apakah aliran sungainya pernah kering.
5. Perhatikan lokasi
bisnis yang anda bidik tadi dengan target atau pasar sasaran bisnis anda.
Misalkan anda buka jasa fotocopy yang targetnya mahasiswa, cari tempat usaha
yang dekat kampus atau lokasi usaha yang banyak kost-kostan.
6. Amati pola lalu
lintasnya bagi calon pelanggan bisnis anda. Jika memudahkan bagi calon konsumen
anda, berarti lokasi bisnis yang anda bidik punya nilai plus.
7. Perhatikan pula
tempat parkir lokasi usaha yang anda bidik tadi. Banyak sekali konsumen yang
tidak mau mampir ke tempat usaha anda hanya karena tempat parkir anda yang
sempit dan kurang nyaman. Terutama jika bentuknya ruko untuk buka usaha toko
atau rumah makan. Tempat parkir bukan hal yang sepele. Hal yang satu ini sering
menjadi bahan pengambilan keputusan apakah konsumen mau datang atau mampir ke
lokasi anda atau tidak..
8. Tanyakan angka
kejahatan lokasi usaha tersebut kepada seseorang yang memenuhi kriteria sebagai
pemberi informasi. Ini hal yang penting untuk anda cermati. Kalau anda sudah
mendapatkan lokasi usaha yang aman, bangunlah hubungan baik dengan masyarakat
sekitar. Sekali anda salah memilih, bisa jadi barang anda raib karena kasus,
pencurian bahkan perampokan.
9. Pilihlah tempat
usaha yang kualitas pelayanan umumnya banyak, misal dekat dengan kantor atau
pos polisi, dekat dengan pemadam kebakaran, mudah untuk akses ke rumah sakit
dan lain sebagainya.
10. Persiapkan catatan
tentang rute perjalanan ke lokasi usaha anda untuk memudahkan anda jika
sewaktu-waktu anda ingin mengunjungi lagi tempat usaha pilihan anda tersebut.
11. Cari tahu bagaimana
keadaan toko-toko di sekitar lokasi usaha anda dan bagaimana iklim bisnis
lokalnya. Apakah ramai, sedang, sepi atau bahkan sangat berprospek.
12. Tanyakan kepada
pemerintah daerah setempat bagaimana peraturan penetapan wilayahnya.
13. Apapun bentuk
tempat usaha yang akan anda pilih, cek kelengkapan utilities-nya, seperti air
pam atau sumur, telepon, listrik dan lain sebagainya.
14. Pastikan bahwa
lokasi usaha yang anda pilih dekat atau minimal mudah untuk memperoleh bahan
baku atau pasokan buat usaha anda.
15. Selain ketersediaan
bahan baku, pilihlah juga lokasi bisnis yang ketersediaan tenaga kerjanya
gampang. Usahahakan jangan mendatangkan karyawan dari daerah yang terlalu jauh.
Kecuali kalau hal itu tidak bisa anda hindari.
16. Perhatikan juga
ketersediaan perumahan bagi karyawan. Bisa dengan perumahan yang siap huni yang
memang untuk dijual, atau hanya sekedar dikontrakan.
17. Catat berapa tarif
pajak daerah, negara dan penghasilan di lokasi usaha tersebut, kemudian
konsultasikan dengan konsultan pajak anda. Tanyakan apa pendapat dan saran
mereka bagi anda.
18. Segera evaluasi
lokasi bisnis anda sehubungan dengan persaingan. Karena begitu anda salah
mengambil langkah ini, anda bisa tergiling dalam persaingan.
19. Cari minimal 10
lokasi usaha yang sesuai dengan kriteria anda. Kemudian pilihlah 2 tempat usaha
yang terbaik untuk anda jadikan pedoman sebelum memutuskan untuk mengambil 1
lokasi bisnis yang paling tepat.
B. Penentuan
Lokasi Dan Fasilitas Pendukung
Lokasi sangat
menentukan keberhasilan suatu usaha, tanpa mempertimbangkan dengan baik dalam
menentukan lokasi, maka akan berakibat sepinya pengunjung atau tidak dapatnya
perusahaan melakukan perluasan. Untuk memilih lokasi perlu dipertimbangkan
sesuai keperluannya, yaitu antara lain:
1. Lokasi kantor, yaitu
diperuntukkan sebagai tempat pengendalian operasional unit di bawahnya. Semua
kegiatan pengaturan yang sifatnya strategis dapat dilakukan di kantor ini.
Lokasi kantor harus memperhatikan faktor strategis dan keterjangkauan dari
seluruh sisi.
2. Lokasi pabrik, yaitu
lokasi yang digunakan untuk melakukan proses produksi barang atau jasa.
Pertimbangan yang diperlukan dalam menentukan lokasi ini adalah kedekatan dengan
pasar, dengan sumber bahan baku, transportasi serta fasilitas pendukung
lainnya.
3. Lokasi gudang,
merupakan tempat penyimpanan barang milik perusahaan baik yang masuk maupun
barang keluar. Biasanya untuk mempermudah pengangkutan dan penyimpanan, perusahaan
memilih tempat atau kawasan industri yang terintegrasi dengan akses jalan umum.
4. Lokasi cabang, yaitu
lokasi kegiatan usaha perusahaan dalam melayani konsumennya langsung pada
wilayah-wilayah tertentu. Lokasi ini dijadikan tempat penyampaian informasi
yang bisa langsung diakses konsumen atau pelanggan, biasanya lokasi ini dekat
dengan pasar atau pusat-pusat keramaian.
Pemilihan lokasi
memiliki seni yang tinggi, bahkan ada wirausahawan yang sudah meramalkan bahwa
keberadaannya akan sangat menentukan kesuksesan usaha yang dijalankan. Namun
secara umum, jika lokasi jauh dari konsumen, maka akan menyulitkan konsumen
untuk datang dan tersendatnya pasokan bahan baku yang diperlukan, sehingga akan
muncul ekonomi biaya tinggi yang ujung-ujungnya akan merugikan dan membahayakan
keberlangsungan hidup perusahaan. Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan
dalam penentuan lokasi, yaitu:
1. Dekat dengan pasar
atau pelanggan
2. Dekat dengan sarana
transportasi
3. Pasokan tenaga kerja
terjamin kesediannya
4. Listrik, air dan
sarana prasarana lainnya
5. Dekat dengan lembaga
keuangan
6. Dekat dengan kawasan
industry pendukung
7. Dekat dengan pusat
pemerintahan
8. Lokasi dapat
dikembangkan
9. Pertimbangan sosial
budaya masyarakat lingkungannya
10. Hukum yang berlaku
di lingkungan tersebut
11. Dekat dengan
pelabuhan, bandara, stasiun dan internal
12. Besarnya nilai
investasi untuk lokasi
13. Nilai ekonomis masa
datang dari lokasi
14. Iklim dan tekstur
tanah serta pertimbangan lainnya
DAFTAR
PUSTAKA
Rismiati, E. Catur dan
Bomdan Suratno. 2006, Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta : Kanisius
Arissetyanto Suharyadi
Nugroho dan Purwanto S.K. 2007. Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia
Muda. Jakarta : Salemba Empat
http://www.dokterbisnis.net/2010/04/06/rahasia-cara-memilih-tempat-lokasi-usaha-yang-menguntungkan
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !